Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

15 Agustus 2020

Dasar dan Aturan Pemrograman Berorientasi Obyek

Indikator Pencapaian Kompetensi

IPK Pengetahuan

1. Menjelaskan berbagai tools pengembang program berorientasi obyek.

2. Menjelaskan konfigurasi tools pengembang perangkat lunak berorientasi obyek.

3. Menjelaskan kebutuhan tools editor program berorientasi obyek.

IPK Keterampilan


1. Menginstalasi tools pengembang program aplikasi berorientasi obyek kedalam komputer.

2. Mengkonfigurasi tools pengembang program aplikasi berorientasi obyek.

3. Merencanakan program aplikasi sederhana berorientasi obyek.

4. Membuat kode program aplikasi sederhana berorientasi obyek.

5. Menjalankan program aplikasi sederhana berorientasi obyek.

Tujuan Pembelajaran

Dengan memahami dasar dan aturan OOP diharapkan siswa dapat :

1)  Mengidentifikasi bagian dasar dari program Java.
2)   Siswa dapat menjelaskan Macam-macam perangkat lunak pengembang program berorientasi obyek.dengan benar
3)   Siswa dapat menjelaskan Prosedur instalasi dan konfigurasi tools pengembang aplikasi program berorientasi obyek. dengan benar
4)  Siswa dapat menyajikan perangkat lunak pemrograman berorientasi obyek 
 

Materi Kegiatan Pembelajaran

Arsitektur teknologi Java dibagi menjadi tiga bagian yaitu (1) Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi.

Merupakan superset dari Standar Java (2) Standar Java (J2SE), ini adalah yang biasa dikenal sebagai bahasa Java. (3) Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java byte codes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

Langkah Awal Pembuatan Program 

Langkah pertama dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara lain : notepad, vi, emacs, netbeans dan lain sebagainya.

Kode program yang dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java. Setelah membuat dan menyimpan kode program,kompilasi file yang berisi kode program tersebut dengan menggunakan JavaCompiler.

Hasil dari kompilasi berupa berkas byte code dengan ekstensi .class. Berkas yang mengandung byte code tersebut kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.

Java Literals

Literals adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam-macam literals dalam Java adalah : Integer Literals, Floating-Point Literals, Boolean Literals, Character Literals dan String Literals.

Integer Literals

Integer literals dibedakan dalam beberapa format yang berbeda: desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16), and oktal (berbasis 8). Dalam penggunaan tipe data integer pada program, kita harus mengikuti aturan penggunaan beberapa notasi khusus.

Untuk angka desimal, kita tidak memerlukan notasi khusus. Kita hanya menulis angka desimal seperti apa adanya. untuk angka heksadesimal, hal itu harus ditandai oleh “0x” atau “0X”. untuk oktal, ditandai oleh“0”. Sebagai contoh, mewakili angka 12.

Penulisan dalam bentuk desimalnya adalah 12, Sementara dalam heksadesimal, menjadi 0xC, dan dalam oktal, nilai tersebut sama dengan 014.


Default tipe data untuk integer literals adalah int. Int adalah signed


32-bit value. Pada kasus-kasus tertentu Anda dapat berharap untuk memaksa integer literal untuk menjadi tipe data long dengan menambahkan karakter “l” or “L”. tipe data long ditandai oleh ditampilkannya data dalam 64-bit.

Floating-Point Literals

Floating point literals mewakili bentuk desimal dengan bagian yang terpisah. Sebagai contoh adalah 3.1415. Floating point literals dapat dinyatakan dalam notasi standard atau scientific. Sebagai contoh, 583.45 dinyatakan dalam notasi standard, Sementara 5.8345e2 dinyatakan dalam notasi scientific. Default Floating point literals mempunyai tipe data double yang dinyatakan dalam 64-bit. Untuk menggunakan ketelitian yang lebih kecil (32-bit) float, hanya dengan menambahkan karakter “f” atau “F

Boolean Literals

Boolean literals hanya memiliki dua nilai, true atau false.


Character Literals

Character Literals diwakili oleh karakter single Unicode. Karakter Unicode adalah 16-bit character set yang menggantikan 8-bit ASCII character set. Unicode memungkinkan pengunaan simbol dan karakter khusus dari bahasa lain. Untuk menggunakan character literals, karakter tersebut di dalam tanda single pute (' ') (single quote delimiters). Sebagai contoh huruf a, diwakili sebagai ‘a’. Untuk menggunakan karakter khusus seperti karakter baris baru, backslash digunakan diikuti dengan karakter kode. Sebagai contoh, ‘\n’ untuk karakter baris baru atau ganti baris, ‘\r’ untuk menyatakan nilai balik (carriage return), ‘\b’ untuk backspace.

String Literals

String literals mewakili beberapa karakter dan dinyatakan dalam tanda double pute (“ ”)( double quotes). Sebagai contoh string literal adalah,

“Hello World”.

Keyword

Keyword adalah kata kunci yang digunakan dalam bahasa pemrograman. salah satunya adalah java, kata kunci ini digunakan pada sebuah class/variable/method/konstruktor, untuk menentukan sifat, jenis atau hak akses yang digunakan, didalam java terdapat banyak sekali jeni keyword yang bisa kita gunakan, terdapat 50 jenis kata kunci pada Java.

 Abstract :Digunakan untuk menyatakan sebuah kelas atau method menjadi abstrak. 

Assert :kesalahan pada saat program dijalankan, keyword ini dapat membantu proses Debugging. 

Boolean :Boolean digunakan untuk menyatakan variabel yang dapat menyimpan nilai bertipe boolean, yaitu true atau false. 

Break :Break digunakan untuk mengeksekusi program ke perintah selanjutnya. Jadi, keyword break ini melewati statement yang tidak diinginkan oleh programmer, dan melanjutkan ke statement selanjutnya. 

Case :Case digunakan untuk memberikan opsi atau pilihan dari pernyataan switch. 

Catch :Sebuah blok satement untuk menangkap exception jika terdapat exception/error didalam blok try. 

Char :Menyatakan variabel yang dapat menyimpan nilai karakter 16 bit. 

Class :Digunakan untuk mendefinisikan dan mengimplementasikan objek. 

Const :Const tidak digunakan dan tidak mempunyai fungsi. 

Continue :Digunakan untuk melanjutkan eksekusi program perulangan. 

Default :Default dapat digunakan dalam pernyataan switch untuk pernyataan yang akan dieksekusi jika case tidak sesuai dengan nilai yang ditentukan. 

Do :Digunakan bersama dengan while untuk membuat do-while pengulangan, untuk mengeksekusi suatu statement sebelum kondisi pada while di evaluasi 

Double : Untuk menyimpan nilai pecahan, mempunyai ukuran 8 bytes dan 64 bit serta panjang Range +/- 1.8 x 10308 dengan jumlah presisi/digit 15. 

Else : Kata kunci yang digunakan bersama dengan if untuk membuat pernyataan jika kondisi pada if tidak terpenuhi 

Enum : Kata kunci yang digunakan untuk mendeklarasikan tipe enumerasi. Enumerations memperpanjang kelas dasar Enum. 

Extends : Digunakan untuk pewarisan sifat dari suberclass/kelas induk pada subclass/kelas anaknya. 

Final :  Untuk mengubah atribut menjadi konstanta, sehinggal tidak bisa diubah, diganti, atau dioverride oleh method lain. 

Finally : Bagian dari blok try yang selalu dieksekusi 

Float : Untuk menyatakan nilai pecahan, tipe data Float mempunyai ukuran 4 bytes dan 32 bit serta panjang Range +/- 3.4 x 1038 dengan jumlah presisi/digit 6-7. 

For : Tipe pengulangan (looping) 

Goto : Goto tidak digunakan dan tidak memiliki fungsi. 

If : Untuk membuat statement yang bersyarat (conditional statement). 

Implements : Mendefinisikan interface yang diimplementasikan oleh kelas. 

Import : Meng-import paket (package). 

Instanceof : Untuk menguji jika objek adalah instance dari kelas. 

Int : Tipe data bilangan bulat, tipe data Int mempunyai ukuran 32 bit dan Range -2147483648 s.d. 2147483647 

Interface : Tipe abstrak dengan method yang dapat diimplementasikan oleh kelas tersebut. 

Long : Tipe data bilangan bulat, memiliki ukuran paling besar yaitu 64 bit dan Range -922337209 s.d. 922337209. 

Native : Method yang diimplementasikan oleh host system 

New : New digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah kelas atau array. 

Null : Null yang berarti tidak memiliki nilai 

Package : Untuk mendefinisikan nama Paket kelas

Macam-macam Tipe Data  dan Variabel

Berikut ini macam-macam tipe data pada Java:

  • char: Tipe data karakter, contoh Z
  • int: angka atau bilangan bulat, contoh 29
  • float: bilangan desimal, contoh 2.1
  • double: bilangan desimal juga, tapi lebih besar kapasistanya, contoh 2.1
  • String: kumpulan dari karakter yang membentuk teks, contoh Hello World!
  • boolean: tipe data yang hanya bernilai true dan false

Membuat Variabel

Pengertian Variabel menurut Wikipedia:

Variabel: (Lat) 1. sesatu yang. berubah-ubah, tidak tetap;
2. deklarasi sesuatu yang memiliki variasi nilai
3. berbeda-beda dalam bahasa pemrograman disebut juga simbol yang mewakili nilai tertentu, variabel yang dikenal di sub program disebut variabel lokal. sedang yang di kenal secara umum/utuh dalam satu program disebut variabel global.


Hal yang perlu diketahui dalam pembuatan variabel di java adalah cara penulisannya.

Formatnya seperti ini:

<tipe data> namaVariabel;

Contoh:

Membuat variabel kosong bertipe integer:

int namaVariabel;

Membuat variabel bertipe integer dan langsung diisi nilai:

int namaVariabel = 19;

Membuat sekumpulan variabel yang tipe datanya sama:

int a, b, c;

Lalu, dimana variabel itu ditulis?

1. Di dalam fungsi main(): variabel yang ditulis di dalam fungsi main() dan fungsi yang lainnya disebut variabel lokal.

2. Di dalam class: Variabel ini disebut variabel class atau global.

Bagan dasar program java



1. Package

Perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu class adalah   anggota   dari   package,
sedangkan   namaPackage   dapat berupa  susunan  direktori  tempat dimana  file  class  disimpan  atau
nama folder.

2. Import
Perintah import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class yang terdapat pada package tersebut dan bukan menjalankan  class-class  tersebut.  Dalam  program,  dapat  diimport  classclass tertentu saja dan dapat pula mengimport semua class yang terdapat pada package.

3. Class
Merupakan  bentuk  logis  yang  menjadi  landasan  bangun  seluruh bahasa pemograman berorientasi object. Class mendefinisikan bentuk dan perilaku object. Class merupakan contoh abstrak dari sebuah object yang telah terbentuk dari proses penyederhanaan. Dengan kata lain class merupakan cikal bakal dari object. Kemudian contoh nyata atau perwujudan dari sebuah object dinamakan instance.

4. Data dan Methode 
Data merupakan identitas yang berupa variabel yang menjelaskan properti dari class. Metoda adalah sekumpulan instruksi untuk menjalankan data yang diberi nama dan dapat dipanggil dari manapun di dalam program dengan menuliskan nama metoda tersebut.

5. Program utama
Salah  satu  metoda  yang  paling  penting  di  dalam  bahasa  Java  adalah  metoda main. Metoda main harus dideklarasikan sendiri oleh programmer di dalam sebuah kelas. Kelas yang mempunyai metoda main disebut dengan kelas  main (main  class),  akan  tetapi  tidak  semua  kelas  Java  harus mempunyai metoda main. Interpreter Java akan meminta metoda main saat program aplikasi dieksekusi.

public  class  HelloSMK
{
/**
*  Program  Pertama
*/
public  static  void  main(String[]  args)
{
 //Menampilkan  kalimatSMK  Bisa!!!
System.out.println("SMK  Bisa!!!"); 
}
}

Keterangan program

Baris pertama kode:

public  class  HelloSMK menandakan   nama   class   yaitu HelloSMK.  Dalam  Java ,  semua  kode
seharusnya  ditempatkan  di  dalam deklarasi class. Kita melakukannya dengan  menggunakan  kata  kunci class.

Sebagai  tambahan,  class  menggunakan  access  specifier  public,  yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula (package merupakan kumpulan class-class).

Baris berikutnya yaitu yang terdiri atas kurung kurawal {menandakan awal blok. Pada kode ini,kita menempatkan    kurung kurawal pada baris    selanjutnya setelah deklarasi   class, bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung kurawal ini setelah baris pertama dari kode yang kita tulis. Jadi, kita dapat menulis kode kita sebagai berikut:
public  class  HelloSMK
{
atau
public  class  HelloSMK  {
Tiga  baris  selanjutnya  menandakan adanya  komentar  Java.  Komentar  adalah sesuatu yang digunakan untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis.  Komentar  bukan  merupakan  bagian  dari  program  itu  sendiri,  tetapi digunakan untuk tujuan dokumentasi.  Komentar itu sendiri dapat ditambahkan pada  kode  yang  Anda  tulis  sebagai  petunjuk  yang  dapat  membantu  proses pembelajaran pemrograman yang baik.
/**
*  Program  Pertama
*/
Komentar  dinyatakan  dengan  tanda  “/*”  dan  “*/”.  Segala  sesuatu  yang  ada
diantara  tanda  tersebut  diabaikan  oleh  compiler  Java,  dan  mereka  hanya dianggap sebagai komentar.

Baris selanjutnya,  public  static  void  main(String[]  args)  {atau dapat juga ditulis sebagai berikut,

public  static  void  main(String[]  args)
{
Mengindikasikan nama suatu method dalam class HelloSMK yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali applet yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama.

Yakinkan  untuk  mengikuti  kaidah  penulisan  tanda  yang  benar.  Baris selanjutnya juga merupakan komentar,  //Menampilkan  kalimatSMK  Bisa!!!

Sekarang  kita  mempelajari  2  cara  untuk  membuat  komentar.  Cara  pertama  adalah dengan menempatkan komenta rdalam /* dan */,dan cara yang lain adalah dengan menuliskan tanda//pada awal komentar. Baris selanjutnya,  System.out.println("SMK  Bisa!!!");  menampilkan     teks “HelloWorld!”padalayar.Perintah System.out.println(), menampilkan teks yang diapit oleh tanda doublepute(“”) pada layar. Dua baris terakhir yang terdiri atas dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama dan masing-masing class secara berurutan. 

ELEMEN-ELEMEN DASAR DALAM BAHASA JAVA

1. Komentar.

a. Untuk satu baris komentar  adalah  //  ini  komentar satu baris
b. Untuk beberapa baris komenar adalah :  /*   dan diakhri dengan     */
c. Untuk keperluan dokumentasi : tandanya  adalah  /**     dan diakhiri  */   ini digunakan untuk program java doc

2. Blok Program
Yaitu suatu tanda untuk mengelompokan satu atau lebih statemen(pernyataan/perintah) kedalam satu blok program. Caranya yaitu dengan menggunan tanda  {   dan   } <- braces

3. Separator
Meliputi :
1. Simbol  ( ) dinamakan Parentheses  atau tanda kurung, tanda ini berguna untuk mengisikan daftar parameter di dalam method atau untuk mengapit sebuah eskpresi dalam operasi tertentu (misal operasi aritmatika)

2. Simbol { } dinamakan Braces atau namanya kurung kurawal  berguna untuk membuat blok program seperti kelas, method, kontrol pemilihan,  kontrol pengulangan dan digunakan juga untuk mengisikan nilai inisial pada deklarasi array.  contoh array :    int[] A = { 1, 2, 3 };

3. Simbol [ ] dinamakan Bracket atau dinamai kurung siku berguna untuk mendeklarasikan sebuah array  dan untuk mengambil / mengisi nilai dari suatu elemen array.
contoh :
int[] B = new int[5];
B[1] = 10 , B[2] = 15;

4. Simbol  ; dinamakan semicolon atau dinamakan titik koma. Berguna untuk memisahkan statement atau perintah atau pernyataan.
contoh :
c = a ; a=b ; b= c ;

5. Simbol dinamakan comma atau dinamakan koma. Digunakan untuk memisahkan variabel pada saat deklarasi.  Juga digunakan untuk membuat perintah/pernyataan looping atau for .
contoh :
int a, b, c ;
for  (int i = 0; i < 3; i++, b + = 4)
{ ..... }

6. Simbol  dinamakan Period atau dinamakan titik.  Berguna untuk memisahkan nama paket, subpaket, dan kelas. Simbol titik ini berguna pula untuk memisahkan data/method dari sebuah referensi objek.
Contoh:
import java.io.IOException;
obj.x = 4;
obj.getX( );

4. Kata Kunci (Reserved word)

Kata kunci adalah kata kata yang telah didefinisikan oleh compiler dan memilliki arti dan tujuan yang spesifik.

Kata ini tidak boleh digunakan untuk membuat suatu variabel (pengenal/identifier), konstanta, kelas, maupun method
Contoh kata : abstract, double, int, super, this, throw, try, void, while, return, new, lont, import, if, goto, for

Tugas / Penilaian


1. Arsitektur teknologi Java terbagi menjadi tiga, yaitu Enterprise Java (J2EE), Standar Java (J2SE), dan Micro Java (J2ME). Sebutkan device yang Anda temui yang menggunakan salah satu dari ketiga teknologi Java tersebut!

2. Amatilah Siswa sebagai  Objek, kemudian sebutkan Java literal, keyword, tipe data dasar, dan tipe variabel di dalamnya dari obyek tersebut.


Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar