Melayani Dengan Nurani

IA

15 Agustus 2020

Dasar dan Aturan Pemrograman Berorientasi Obyek

Dengan memahami dasar dan aturan OOP diharapkan yang belajar :


1) Mengidentifikasi bagian dasar dari program Java.
2) Memahami perbedaan antara syntax error dan runtime error.
3) Menganalisis Java literal, keyword,tipe data dasar, dan tipe variabel

1) Bagan dasar program java




1. Package

Perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu class adalah   anggota   dari   package,
sedangkan   namaPackage   dapat berupa  susunan  direktori  tempat dimana  file  class  disimpan  atau
nama folder.

2. Import
Perintah import digunakan untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class yang terdapat pada package tersebut dan bukan menjalankan  class-class  tersebut.  Dalam  program,  dapat  diimport  classclass tertentu saja dan dapat pula mengimport semua class yang terdapat pada package.

3. Class
Merupakan  bentuk  logis  yang  menjadi  landasan  bangun  seluruh bahasa pemograman berorientasi object. Class mendefinisikan bentuk dan perilaku object. Class merupakan contoh abstrak dari sebuah object yang telah terbentuk dari proses penyederhanaan. Dengan kata lain class merupakan cikal bakal dari object. Kemudian contoh nyata atau perwujudan dari sebuah object dinamakan instance.

4. Data dan Methode 
Data merupakan identitas yang berupa variabel yang menjelaskan properti dari class. Metoda adalah sekumpulan instruksi untuk menjalankan data yang diberi nama dan dapat dipanggil dari manapun di dalam program dengan menuliskan nama metoda tersebut.

5. Program utama
Salah  satu  metoda  yang  paling  penting  di  dalam  bahasa  Java  adalah  metoda main. Metoda main harus dideklarasikan sendiri oleh programmer di dalam sebuah kelas. Kelas yang mempunyai metoda main disebut dengan kelas  main (main  class),  akan  tetapi  tidak  semua  kelas  Java  harus mempunyai metoda main. Interpreter Java akan meminta metoda main saat program aplikasi dieksekusi.

public  class  HelloSMK
{
/**
*  Program  Pertama
*/
public  static  void  main(String[]  args)
{
 //Menampilkan  kalimatSMK  Bisa!!!
System.out.println("SMK  Bisa!!!"); 
}
}

Keterangan program

Baris pertama kode:

public  class  HelloSMK menandakan   nama   class   yaitu HelloSMK.  Dalam  Java ,  semua  kode
seharusnya  ditempatkan  di  dalam deklarasi class. Kita melakukannya dengan  menggunakan  kata  kunci class.

Sebagai  tambahan,  class  menggunakan  access  specifier  public,  yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula (package merupakan kumpulan class-class).

Baris berikutnya yaitu yang terdiri atas kurung kurawal {menandakan awal blok. Pada kode ini,kita menempatkan    kurung kurawal pada baris    selanjutnya setelah deklarasi   class, bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung kurawal ini setelah baris pertama dari kode yang kita tulis. Jadi, kita dapat menulis kode kita sebagai berikut:
public  class  HelloSMK
{
atau
public  class  HelloSMK  {
Tiga  baris  selanjutnya  menandakan adanya  komentar  Java.  Komentar  adalah sesuatu yang digunakan untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis.  Komentar  bukan  merupakan  bagian  dari  program  itu  sendiri,  tetapi digunakan untuk tujuan dokumentasi.  Komentar itu sendiri dapat ditambahkan pada  kode  yang  Anda  tulis  sebagai  petunjuk  yang  dapat  membantu  proses pembelajaran pemrograman yang baik.
/**
*  Program  Pertama
*/
Komentar  dinyatakan  dengan  tanda  “/*”  dan  “*/”.  Segala  sesuatu  yang  ada
diantara  tanda  tersebut  diabaikan  oleh  compiler  Java,  dan  mereka  hanya dianggap sebagai komentar.

Baris selanjutnya,  public  static  void  main(String[]  args)  {atau dapat juga ditulis sebagai berikut,

public  static  void  main(String[]  args)
{
Mengindikasikan nama suatu method dalam class HelloSMK yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali applet yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama.

Yakinkan  untuk  mengikuti  kaidah  penulisan  tanda  yang  benar.  Baris selanjutnya juga merupakan komentar,  //Menampilkan  kalimatSMK  Bisa!!!

Sekarang  kita  mempelajari  2  cara  untuk  membuat  komentar.  Cara  pertama  adalah dengan menempatkan komenta rdalam /* dan */,dan cara yang lain adalah dengan menuliskan tanda//pada awal komentar. Baris selanjutnya,  System.out.println("SMK  Bisa!!!");  menampilkan     teks “HelloWorld!”padalayar.Perintah System.out.println(), menampilkan teks yang diapit oleh tanda doublepute(“”) pada layar. Dua baris terakhir yang terdiri atas dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama dan masing-masing class secara berurutan. 

ELEMEN-ELEMEN DASAR DALAM BAHASA JAVA

1. Komentar.

a. Untuk satu baris komentar  adalah  //  ini  komentar satu baris
b. Untuk beberapa baris komenar adalah :  /*   dan diakhri dengan     */
c. Untuk keperluan dokumentasi : tandanya  adalah  /**     dan diakhiri  */   ini digunakan untuk program java doc

2. Blok Program
Yaitu suatu tanda untuk mengelompokan satu atau lebih statemen(pernyataan/perintah) kedalam satu blok program. Caranya yaitu dengan menggunan tanda  {   dan   } <- braces

3. Separator
Meliputi :
1. Simbol  ( ) dinamakan Parentheses  atau tanda kurung, tanda ini berguna untuk mengisikan daftar parameter di dalam method atau untuk mengapit sebuah eskpresi dalam operasi tertentu (misal operasi aritmatika)

2. Simbol { } dinamakan Braces atau namanya kurung kurawal  berguna untuk membuat blok program seperti kelas, method, kontrol pemilihan,  kontrol pengulangan dan digunakan juga untuk mengisikan nilai inisial pada deklarasi array.  contoh array :    int[] A = { 1, 2, 3 };

3. Simbol [ ] dinamakan Bracket atau dinamai kurung siku berguna untuk mendeklarasikan sebuah array  dan untuk mengambil / mengisi nilai dari suatu elemen array.
contoh :
int[] B = new int[5];
B[1] = 10 , B[2] = 15;

4. Simbol  ; dinamakan semicolon atau dinamakan titik koma. Berguna untuk memisahkan statement atau perintah atau pernyataan.
contoh :
c = a ; a=b ; b= c ;

5. Simbol dinamakan comma atau dinamakan koma. Digunakan untuk memisahkan variabel pada saat deklarasi.  Juga digunakan untuk membuat perintah/pernyataan looping atau for .
contoh :
int a, b, c ;
for  (int i = 0; i < 3; i++, b + = 4)
{ ..... }

6. Simbol  dinamakan Period atau dinamakan titik.  Berguna untuk memisahkan nama paket, subpaket, dan kelas. Simbol titik ini berguna pula untuk memisahkan data/method dari sebuah referensi objek.
Contoh:
import java.io.IOException;
obj.x = 4;
obj.getX( );

4. Kata Kunci (Reserved word)

Kata kunci adalah kata kata yang telah didefinisikan oleh compiler dan memilliki arti dan tujuan yang spesifik.

Kata ini tidak boleh digunakan untuk membuat suatu variabel (pengenal/identifier), konstanta, kelas, maupun method
Contoh kata : abstract, double, int, super, this, throw, try, void, while, return, new, lont, import, if, goto, for



Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar