Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

15 Agustus 2020

Menerapkan dan Menyajikan Konsep Class, Method dan Obyek

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan


1. Menjelaskan konsep class dalam pemrograman berorientasi obyek.
2. Menerapkan class dalam pemrograman berorientasi obyek.
3. Menjelaskan konsep method dalam pemrograman berorientasi obyek.
4. Menerapkan method dalam pemrograman berorientasi obyek.
5. Menjelaskan konsep obyek dalam pemrograman berorientasi obyek.
6. Menerapkan obyek dalam pemrograman berorientasi obyek.

IPK Keterampilan

1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan class, method dan obyek.
2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan class, method dan obyek.
3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan class, method dan obyek.

Tujuan Pemelajaran

Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :

1) Siswa dapat menjelaskan konsep class dalam pemrograman berorientasi obyek dengan baik.
2) Siswa dapat Menerapkan class dalam pemrograman berorientasi obyek dengan baik.
3) Siswa dapat Menjelaskan konsep method dalam pemrograman berorientasi obyek dengan baik.
4) Siswa dapat Menerapkan method dalam pemrograman berorientasi obyek dengan baik.
5) Siswa dapat Menjelaskan konsep obyek dalam pemrograman berorientasi obyek dengan baik.

Materi Kegiatan Pembelajaran

Class

Merupakan  bentuk  logis  yang  menjadi  landasan  bangun  seluruh bahasa pemograman berorientasi object.
Class mendefinisikan bentuk dan perilaku object.
Class merupakan contoh abstrak dari sebuah object yang telah terbentuk dari proses penyederhanaan.

Dengan kata lain class merupakan cikal bakal dari object. Kemudian contoh nyata atau perwujudan dari sebuah object dinamakan instance.




Data dan Methode


Data merupakan identitas yang berupa variabel yang menjelaskan properti dari class.

Metoda adalah sekumpulan instruksi untuk menjalankan data yang diberi nama dan dapat dipanggil dari manapun di dalam program dengan menuliskan nama metoda tersebut.


Metoda Main

Salah  satu  metoda  yang  paling  penting  di  dalam  bahasa  Java  adalah  metoda main. Metoda main harus dideklarasikan sendiri oleh programmer di dalam sebuah kelas.

Kelas yang mempunyai metoda main disebut dengan kelas  main (main  class), - kelas utama, - akan  tetapi  tidak  semua  kelas  Java  harus mempunyai metoda main.


Semua program kecuali applet yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama(main)
.

Metode main() didefinisikan sebagai public static void:

public, berarti metode ini dapat dipanggil dari luar class

static, menunjukkan metode ini bersifat sama untuk semua class atau  method yang dapat dipakai tanpa harus menginisialisasi  suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih dahulu)

void, berarti metode ini tidak mengembalikan nilai.

Argument args[] adalah  parameter array objek string argument baris-baris perintah

Class dapat di definisikan sebagai blueprint atau kerangka yang mendifinisikan variable variable atau data dan method method atau perilaku.

Umumnya sebuah object tertentu (contohnya mobil) memiliki data warna tahun, type, nomor polisi dan lain lain.

Objek juga mempunyai perilaku/method,  yang berbeda-beda seperti system pengereman, perseneling, stir, keamanan dan lain lain 

Jadi data sederhana didalam class berisi deklarasi variable yang akan membentuk object.
Variable yang berupa object ini disebut referensi object (reference object). Artinya pada saat membuat class baru itu berarti kita mendifinisikan type data baru.

Sekali type data baru didefinisikan dalam suatu class berarti type data baru itu dapat digunakan untuk membuat suatu object dari type tersebut. 

Dengan kata lain class adalah pola (template) untuk membuat object dan object adalah wujud nyata atau instance dari sebuah class.

Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari misalkan manusia adalah class sedangkan contoh objectnya wujud nyata manusia adalah Udin, Titin, Mimin  dan lain lain, sedangkan method nya males, rajin, pandai dsb.

Data atau variable yang didefinisikan  di dalam kelas sering pula di sebut dengan instance variable.
Nilai dari data data tersebut selanjutnya akan diakses melaluli method method yang ada , dengan kata lain method sebenernya digunakan sebagai antarmuka atau (interface) antar user (dalam arti di sini pemakai class) atau dengan data data yang terdapat didalam class yang bersangkutan.
Dalam dunia pemograman java, type data digunakan untuk mendeklarasikan variable.

Contoh membuat class


//Membuat class

class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;
}

class DemoKotak1 {
  public static void main(String[] args) {
    double volume;  
   // instantiasi class menjadi objek
    Kotak k;
    k = new Kotak();
   /*
   cara instantiasi  yang lebih singkat
   Kotak k = new Kotak();
  */
    // Mengisikan nilai ke dalam data-data kelas Kotak
    k.panjang = 4;
    k.lebar = 3;
    k.tinggi = 2;
    // Menghitung isi/volume kotak
    volume = k.panjang * k.tinggi * k.lebar;  
    // Menampilkan nilai volume ke layar monitor
    System.out.println("Volume kotak = " + volume);
  }
}

Cat
atan :
Simpan file tersebut dengan nama sesuai dengan class yang ada main / program utamanya, dalam hal ini yaitu  DemoKotak1.java  yang kemudian di simpan di direktori d:latihjava
Perhatian : Perhatikan penulisan huruf besar dan huruf kecil harus persis, Java membedakan huruf besar dan huruf kecil.

Lakukan perintah di cmd
c> d:    [kemudian tekan tombol enter]
c> cd latihjava  
[kemudian tekan tombol enter]
c> javac DemoKotak1.java  
[kemudian tekan tombol enter]

// membuat atau mendeklarasikan dua objek dari satu kelas

class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;
}

class DemoKotak2 {

  public static void main(String[] args) {

    double volume1, volume2;

    Kotak k1 = new Kotak();  // mendeklarasikan objek k1
    Kotak k2 = new Kotak();  // mendeklarasikan objek k2

    // Mengisikan nilai ke dalam objek k1
    k1.panjang = 4;
    k1.lebar = 3;
    k1.tinggi = 2;

    // Mengisikan nilai ke dalam objek k2
    k2.panjang = 6;
    k2.lebar = 5;
    k2.tinggi = 4;


    // Menghitung isi/volume dari objek k1
    volume1 = k1.panjang * k1.tinggi * k1.lebar;

    // Menghitung isi/volume dari objek k2
    volume2 = k2.panjang * k2.tinggi * k2.lebar;

    // Menampilkan nilai volume k1 dan k2 ke layar monitor
    System.out.println("Volume k1 = " + volume1);
    System.out.println("Volume k2 = " + volume2);    
  }
}


Data dan method yang tergabung di dalam satu class dinamakan class member contohnya DemoMethod1, DemoMethod2 dan DemoMethod3 (lihat di bawah)

Contoh:

//program DemoMethod1
class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;

  // Mendefinisikan class & method void ( yang tidak mengembalikan nilai)
  void cetakVolume() {
    System.out.println("Volume kotak = " + (panjang * lebar * tinggi)) ;
  }
}

class DemoMethod1 {

  public static void main(String[] args) {
    Kotak k1, k2, k3;

    // instansiasi objek
    k1 = new Kotak();
    k2 = new Kotak();
    k3 = new Kotak();

    // mengisi data untuk objek k1
    k1.panjang = 4;
    k1.lebar = 3;
    k1.tinggi = 2;

    // mengisi data untuk objek k2
    k2.panjang = 6;
    k2.lebar = 5;
    k2.tinggi = 4;

    // mengisi data untuk objek k3
    k3.panjang = 8;
    k3.lebar = 7;
    k3.tinggi = 6;

    // memanggil method cetakVolume() untuk masing-masing objek      

    k1.cetakVolume();
    k2.cetakVolume();
    k3.cetakVolume();
  }
}


Contoh Method yang mengembalikan nilai

//program DemoMethod2
class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;

  // Mendefinisikan class & method yang mengembalikan nilai tipe double

    // menghitung volume

     double hitungVolume() {  
         double vol;
          vol = panjang * lebar * tinggi;
          // mengembalikan nilai
     return vol;
  }
}

class DemoMethod2 {

  public static void main(String[] args) {

    Kotak k1, k2, k3;

    k1 = new Kotak();
    k2 = new Kotak();
    k3 = new Kotak();

    k1.panjang = 4;
    k1.lebar = 3;
    k1.tinggi = 2;

    k2.panjang = 6;
    k2.lebar = 5;
    k2.tinggi = 4;

    k3.panjang = 8;
    k3.lebar = 7;
    k3.tinggi = 6;
     
    System.out.println("Volume k1 = " + k1.hitungVolume());
    System.out.println("Volume k2 = " + k2.hitungVolume());
    System.out.println("Volume k3 = " + k3.hitungVolume());  
  }
}

Contoh Method yang mempunyai parameter

//  class dan method dengan parameter
class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;

  // Mendefinisikan method dengan parameter
  void isiData(double p, double l, double t) {
    panjang = p;
    lebar = l;
    tinggi = t;
  }

  double hitungVolume() {

    return (panjang * lebar * tinggi);
  }
}

class DemoMethod3 {

  public static void main(String[] args) {

    Kotak k;

    // Instansiasi objek
    k = new Kotak();

    // Memanggil method isiData()
    k.isiData(4,3,2);

    System.out.println("Volume kotak = " + k.hitungVolume());
  }
}

Constructor

Constructor adalah method  khusus yang didefinisikan di dalam kelas dan akan dipanggil secara otomatis setiap kali terjadi instantiasi objek

Notes :
  • Constructor tidak memiliki type kembalian dan tidak juga void, karena type kembalian dari constructor adalah type kelas itu sendiri. 
  • Nama constructor harus sama persis dengan kelas yang didefinisikannya
Contoh :


class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;
  // Mendefinisikan constructor untuk kelas Kotak tanpa parameter
  Kotak() {
    panjang = 4;
    lebar = 3;
    tinggi = 2;
  }
  double hitungVolume() {
    return (panjang * lebar * tinggi);
  }
}


class DemoConstructor1 {
  public static void main(String[] args) {
    
    Kotak k1, k2;
    
    k1 = new Kotak();
    k2 = new Kotak();
    
    System.out.println("Volume k1 = " + k1.hitungVolume());
    System.out.println("Volume k2 = " + k2.hitungVolume());
  }
}

Proses inisialisasi agar lebih dinamis maka dapat dibubuhkan parameter kedalam kelas construktor


 // Mendefinisikan constructor untuk kelas Kotak dengan parameter

class Kotak {
  double panjang;
  double lebar;
  double tinggi;


  // Mendefinisikan constructor dengan parameter
  Kotak(double p, double l, double t) {
    panjang = p;
    lebar = l;
    tinggi = t;
  }

  double hitungVolume() {
    return (panjang * lebar * tinggi);
  }
}

class DemoConstructor2 {

  public static void main(String[] args) {

    Kotak k1, k2;

    k1 = new Kotak(4, 3, 2);
    k2 = new Kotak(6, 5, 4);

    System.out.println("Volume k1 = " + k1.hitungVolume());
    System.out.println("Volume k2 = " + k2.hitungVolume());
  }
}



Tugas / Penilaian





Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar