Melayani Dengan Nurani

IA

27 Agustus 2020

Menerapkan Struktur Kontrol Perulangan

 PERULANGAN (LOOPING)

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menguasai statemen-statemen dalam struktur perulangan, serta membedakan pada kasus perulangan yang bagaimana tepatnya suatu statemen perulangan dipakai.

Salah satu kegunaan pemrograman adalah untuk memudahkan pekerjaan yang harus dilakukan secara berulang.

Bentuk umum perulangan adalah :

'repeat'

aksi

'until' kondisi

Terdapat beberapa struktur pengulangan lain seperti 'while-do', 'for' dan sebagainya.

Dalam bahasa Pascal tersedia beberapa statemen yang digunakan untuk melakukan proses yang berulang-ulang sebanyak keinginan kita.

Misalnya saja, bila kita ingin menginput dan mencetak bilangan dari 1 sampai 100 bahkan 1000, tentunya kita akan merasa kesulitan. Namun dengan struktur perulangan proses, kita tidak perlu menuliskan perintah sampai 100 atau 1000 kali, cukup dengan beberapa perintah saja. Struktur perulangan dalam bahasa Pascal mempunyai bentuk yang bermacam-macam.

STRUKTUR PERULANGAN “FOR”



Struktur perulangan for biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya. Dari segi penulisannya, struktur perulangan for tampaknya lebih efisien karena susunannya lebih simpel dan sederhana.

Bentuk umum perulangan for adalah sebagai berikut :


for var := Nilai_Awal to Nilai_Akhir do
statement

atau :

for var := Nilai_Awal downto Nilai_Akhir do statement

Catatan :

Kontrol variable harus dalam bentuk ordinal (bilangan bulat). Untuk perulangan dengan struktur “to” maka kontrol variable akan ditambahi 1 setiap perulangan, sedangakan dengan struktur “downto” kontrol variable akan dikurangi 1 setiap perulangan

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar