Melayani Dengan Nurani

IA

3 Agustus 2020

Menerapkan Penggunaan Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator, Ekspresi serta Membuat kode programnya

- Tipe Data

Program komputer bekerja dengan memanipulasi/memproses data didalam memori. Data yang dimanipulasi/diproses mempunyai beberapa tipe data seperti : 

nilai numerik 
karakter 
string 
rekaman (record) 

Tipe data dapat dikelompokkan dalam dua kelompok utama yaitu :




Tipe Dasar (nilainya bisa langsung dipakai). Yang termasuk tipe dasar adalah :
karakter 
bilangan 
logika 

Tipe bilangan ada beberapa macam

Bilangan bulat

- Shortint -128 s/d +127

- Byte 0 s/d 255

- Integer -32768 s/d +32767 

- Longint -2147483648 s/d +2147483648

- Word 0 s/d 65535

Bilangan pecahan

- Real 2.9 X 10 –39 s/d 1,7 X 10 38

- Single 1.5 X 10 –45 s/d 3,4 X 10 38

- Double 5.0 X 10 –324 s/d 1,7 X 10 308

- Extend 3.4 X 10 –4932 s/d 1,1 X 10 4932


Tipe data Karakter

Yang termasuk kedalam tipe data karakter adalah : huruf-huruf alfabet, tanda baca, angka ‘0’,’1’,….’9’ dan karakter khusus ‘&’,’^’,……..

Tipe Logika

Tipe data ini mempunyai nilai Benar dan Salah

-Tipe Bentukan (tipe data yang didefinisikan dari tipe dasar)

Tipe bentukan adalah tipe data yang didefenisikan sendiri oleh pemrogram.

Ada 3 tipe data bentukan 

String 

Tipe data dasar yang diberi nama dengan nama tipe baru. 
Rekaman (record) 

1 String

Adalah deretan karakter dengan panjang tertentu

Contoh : a:string[15]

2. Tipe data dasar yang diberi nama baru

Contoh : Type Bilagan Bulat : Integer

3. Rekaman

Contoh : Type mahasiswa=record

Nbp :string[13];

Nm :string[25];

End;

Variabel

Variabel adalah suatu pengenal/identitas untuk menampung data, yang disimpan didalam memori. Setiap variabel diberi nama, yang sering disebut sebagai identifier.




Nilai adalah isi dari variabel. Type variabel dan Nilai varibel harus sejenis/setipe.  
Misal variabel A type nya integer, maka nilaina /isinya juga harus variabel.



Variabel, konstanta dan tipe data merupakan tiga hal yang akan selalu kita jumpai ketika kita membuat program. Bahasa pemrograman apapun dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, mengharuskan kita untuk mengerti ketiga hal tersebut.

Variabel

Variabel adalah suatu pengenal/identitas atau wadah yang menampung data, yang disimpan didalam memori. Setiap variabel diberi nama, yang sering disebut sebagai identifier.




Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.

Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi.

Ada banyak tipe data yang tersedia tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai. Namun secara umum dapat dikelompokkan seperti pada Gambar dibawah ini


 Ada 2 jenis tipe data :

1.      Tipe data primitive adalah tipe data dasar yang tersedia secara langsung pada suatu bahasa pemrograman.

 

2.      Tipe data composite adalah tipe data bentukan yang terdiri dari dua atau lebih tipe data primitive.

·         Tipe data numeric

 

Tipe data numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk bilangan atau angka. Semua bahasa pemrograman menyediakan tipe data numeric, hanya berbeda dalam jenis numeric yang diakomodasi.

 Jenis yang termasuk dalam tipe data numeric antara lain :

1.      integer (bilangan bulat)

  2.      float (bilangan pecahan).

3.      tipe data Single adalah tipe data untuk bilangan pecahan dengan presisi yang terbatas

4.      Tipe data Double adalah tipe data untuk bilangan pecahan dengan presisi yang lebih akurat.

Penentuan tipe data numeric untuk suatu variabel/konstanta harus sangat berhati-hati. Manual dan petunjuk pada masing-masing bahasa pemrograman pada bagian tipe data harus diperhatikan dengan seksama.

 

Tipe data

Ukuran memori

Jangkuan nilai

Jumlah Digit

Char

1 Byte

-128 s.d 127

 

Int

2 Byte

-32768 s.d 32767

 

Short

2 Byte

-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647

 

Long

4 Byte

-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647

 

Float

4 Byte

3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38

5–7

Double

8 Byte

1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308

15–16

Long Double

10 Byte

3.4 x 10-4932 s.d 1.1 x 10+4932

19

Tipe Data Tambahan, yang dimiliki oleh Bahasa C/C++, adalah :

 

Unsigned digunakan bila data yang digunakan hanya data yang positif saja Tipe Data Tambahan


Tipe Data

Jumlah Memori

Jangkauan Nilai

Unsigned Integer

2 Byte

0

– 65535

Unsigned Character

1 Byte

0

– 255

Unsigned Long Integer

4 Byte

0

– 4,294,967,295





- Operator pada pemrograman adalah suatu simbol untuk melakukan suatu operasi aritmatika, operasi logika maupun operasi relasi antara satu atau antara beberapa variabel

Operator Aritmatika

Yaitu simbol yang digunakan untuk proses perhitungan yaitu +, - , * , / , div , mod
operator ‘/’ digunakan untuk pembagian dengan hasil adalah bilangan pecahan

operator div digunakan untuk pembagian dengan hasil adalah bilagan bulat
mod adalah operator yang digunakan untuk mencari sisa hasil bagi

Pada proses aritmatik adakalanya ada beberapa operator ditemui pada satu ekspresi.

Contoh : Z=A+B*C;

Pada contoh diatas ada 2 operator yang ditemui yaitu + dan *. Jika hal ini terjadi maka yang akan diproses terlebih dahulu adalah operator dengan prioritas tertinggi.

Berikut prioritas pengerjaan dari masing-masing operator dari yang tertinggi.
* , /, mod , div + d an –

2.Operator Relasional

Adalah <, >, <= , >= , not , and , or . Hasil dari operator ini adalah benar atau salah.

Pengertian Operasi/Prhitungan/Proses

Merupakan suatu perintah untuk menyimpan suatu nilai (angka, karakter, string)  dalam variabel disebut operasi (penugasan) atau assignment.

 Contoh :

C <- A +B perintah ini dibaca “jumlahkan A dengan B dan simpan pada C”

Simbol A,B,C disebut operand/identifier/varibel

Tanda * disebut operator perkalian

Tanda <- disebut operator penugasan (assignment)

3. Operator Logika,  Or, Not, And

4. Operator Penugasan
Tanda <- disebut operator penugasan (assignment) atau dalam Pascal :=





Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar