Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

1 Oktober 2020

Mengkonfigurasi Control Panel Hosting

 A. Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Control Panel Hosting


3.16.1 Menjelaskan konsep Control Panel Hosting

3.16.2 Menentukan cara konfigurasi Control Panel Hosting

4.16.1 Melakukan konfigurasi Control Panel Hosting

4.16.2 Menguji hasil konfigurasi Control Panel Hosting

4.16.3 Membuat laporan konfigurasi Control Panel Hosting

 

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah kegiatan belajar ini siswa diharapkan :
  2. Siswa dapat menjelaskan konsep Control Panel Hosting
  3. Siswa dapat menentukan cara konfigurasi Control Panel Hosting
  4. Siswa dapat mengkonfigurasi Control Panel Hosting
  5. Siswa dapat menguji hasil konfigurasi Control Panel Hosting
  6. Siswa dapat membuat laporan konfigurasi Control Panel Hosting
Materi dan Kegiatan Pembelajaran

Control panel hosting adalah program software yang disediakan oleh penyedia web hosting yang berfungsi untuk mengoperasikan, mengatur, menjalankan, dan mengelola segala fasilitas yang ada di web hosting. Maka, dengan adanya control panel hosting ini, pemilik website dan penyedia web hosting dapat melakukan pengaturan untuk segala aktivitas yang terkait dengan domain, website, dan web hosting.

Ada beberapa jenis control panel hosting yang tersedia secara online dan semuanya itu menawarkan fitur-fitur serta desain layanan yang berbeda-beda, seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin, dan banyak jenis control panel hosting yang lainnya.

Dalam sistem operasinya, tampilan setiap control panel hostng memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Namun, secara umum fungsi dari fitur-fitur yang tersedia di dalamnya bisa dikatakan hampir sama.


Fungsi dari control panel ini adalah untuk membantu penyedia web hosting dan user website dalam mengelola dan menjalankan fasilitas-fasilitas yang tersedia di web hosting sesuai dengan kebutuhannya. Untuk penjelasan lebih detailnya, bahwa control panel itu memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi control panel hosting adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan, registrasi, dan transfer nama domain

Control panel dapat melakukan proses pemindahan domain. Transfer nama domain, biasanya karena berbagai alasan. Misalnya, pelayanannya kurang bagus dari register lama, sehingga ingin pindah dan ingin menggabungkan domain dengan hosting dalam satu register. Selain itu, terjadinya transfer nama domain, karena ada proses pemindahan kepemilikan nama domain.

2. Penginstallan aplikasi

Fungsi control panel ini adalah menangani penggunaan tool yang akan digunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, dan menambah gadget.

3. Pengelolaan email address
Control panel juga dapat menambah akun email, akses webmail dengan browser, dan konfigurasi email klien.

4. Pengecekan statistik pengunjung website

Dalam control panel sudah tersedia fitur untuk bisa melihat statistik visitor dan traffic website anda, Jadi, anda tidak harus meng-upgrade kapasitas load yang dapat memberatkan server internet dan juga tanpa harus mendownload plugin dari luar yang kemungkinan dapat merugikan anda dan penyedia web hosting. Sehingga, anda tidak akan ribet, jika ingin mengamati data stastistik visitor website.

5. Back-up data
Fungsi ini berkaitan dengan security sistem dan pengaturan database

6. Monitor performa server
Di dalam Control Panel juga memiliki tool yang bisa digunakan untuk mengontrol status jaringan internet, melakukan perubahan pengaturan, menetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, dan juga melakukan konfigurasi sambungan Internet, dan berbagai hal lainnya.

Maka, dapat disimpulkan bahwa fungsi control panel web hosting, yaitu sangat penting, karena keberadaan control panel dapat mempermudah pemilik website dalam menggunakan fasiltas yang ada di hosting. Sementara itu, fungsi control panel bagi penyedia web hosting adalah sebagai panel kendali yang dapat membantu dalam pengelolaan seluruh fasilitas di web hosting yang dimilikinya.
[jasa-pembuatan-website]Pentingnya Memiliki Hosting

Sebelum membahas bagaimana cara memilih hosting yang tepat, pemilik website harus benar-benar memahami seberapa penting peranan hosting dalam pembuatan dan pengoperasian sebuah website.
Layanan hosting sendiri ada yang berbentuk gratis dan ada pula yang berbayar. Namun, layanan hosting gratis, biasanya tidak memiliki menu sebanyak hosting berbayar. Selain memiliki daya yang rendah, jelas fitur yang tersedia juga sangat terbatas.
Dengan memiliki hosting terutama hosting yang berbayar, website akan lebih maksimal. Pemilik website tidak perlu lagi mensetting blog dan bisa langsung menggunakan blog atau web dengan mudah. Tidak hanya itu, hosting umumnya juga menyediakan berbagai layanan menu yang mempermudah penggunanya.
Selain memaksimalkan blog atau website, adanya hosting juga membuat pemilik web lebih bebas dalam mengatur blog atau webnya. Hal ini dikarenakan pemilik tidak terikat dengan persyaratan yang bisa membatasi gerak pemilik website.
Tidak hanya itu, hosting juga bisa membuat data-data yang ada pada website lebih aman karena sistem keamanannya yang ketat. Dengan begitu, pemilik web tidak perlu risau dan khawatir akan hacker atau pembobol.
Melalui hosting, peluang bisnis online berkembang pun semakin besar. Hal ini dikarenakan layanan hosting umumnya memiliki akses internet yang besar sehingga keberlangsungan bisnis pun bisa berjalan lancar.
Bagian terpenting dari sebuah hosting adalah membantu pengguna internet mengakses sebuah website. Melalui hosting, data-data dari website bisa diakses secara luas oleh umum via internet. Jadi, bisa dikatakan bahwa dengan adanya layanan hosting, pengguna internet bisa mengakses sebuah website kapan saja dan dimana saja.

Kriteria Hosting Berkualitas

Mengingat peranan hosting yang sangat penting, pemilik website tentunya ingin menggunakan layanan hosting yang berkualitas. Nah, lalu bagaimana caranya membedakan hosting yang berkualitas dan yang tidak berkualitas?
Sebuah hosting dikatakan berkualitas jika memenuhi unsur 4S. Unsur-unsur tersebut adalah speed, security, support, and scalability. Berikut penjelasannya:
1. Speed
Sebuah hosting bisa dikatakan baik jika kecepatan performa server yang ditunjukan juga sesuai. Hal tersebut dapat dilihat dari bandwith dan storage yang dimiliki web hosting.
2. Security
Keamanan yang tinggi menjadi salah satu kriteria sebuah hosting dikatakan berkualitas. Web hosting biasanya memberikan perlindungan pada web melalui proteksi malware, DDoS, dan gratis SSL. Dengan adanya perlindungan, website akan lebih aman terhadap serangan virus maupun orang yang tidak bertanggung jawab.
3. Support
Hosting yang berkualitas biasanya juga menyediakan layanan support untuk membantu klien atau pemilik web yang memiliki masalah dengan layanan hosting. Umumnya, penyedia layanan hosting juga menyediakan layanan pendukung seperti phone support, email, dan 27/7 live chat.
4. Scalability
Kriteria hosting berkualitas lainnya adalah memudahkan klien atau pemilik website agar bisa berkembang. Hal ini diwujudkan dengan penawaran paket hosting yang sesuai dengan website yang dikelola.

Cara Memilih Hosting

Selain mengetahui kriteria hosting yang berkualitas, pemilik website juga perlu mengetahui cara memilih hosting yang tepat. Hal ini dilakukan supaya hosting yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan website atau blog yang sedang dijalankan.
Nah, bagaimana cara memilih hosting dengan tepat?

1. Menyesuaikan Hosting Dengan Website
Setiap website memiliki tujuannya tersendiri. Ada website yang dibuat khusus untuk memberikan informasi, ada pula yang dibuat untuk melakukan kegiatan jual-beli online. Masing-masing website tentu memiliki kebutuhan hosting yang berbeda.
Misalnya saja, website pribadi biasanya tidak membutuhkan hosting dengan kapasitas besar. Sedangkan untuk keperluan bisnis, hosting yang dipilih haruslah memiliki kapasitas yang tidak sedikit sehingga mampu diakses banyak orang.
Oleh karenanya, pemilik website harus mengenal tujuan websitenya lalu memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Harga Terjangkau
Cara memilih hosting yang tepat selanjutnya adalah memilih hosting dengan harga terjangkau. Dalam hal ini terjangkau tidak harus murah. Pemilik website justru harus merasa curiga jika harga hosting yang ditawarkan terlalu murah.
Yang dimaksud harga terjangkau yakni harga yang ditawarkan sesuai dengan layanan yang diberikan. Semakin lengkap layanan biasanya harga hosting akan semakin mahal. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, pemilik bisa melakukan perbandingan harga dan layanan dari berbagai penyedia web hosting.

3. Performa Mumpuni
Agar website mudah dan cepat diakses, hosting harus memiliki performa server yang mumpuni. Untuk mengetahui performa server sebuah hosting ada berbagai hal yang bisa dijadikan patokan. Salah satunya adalah lokasi server berada.
Semakin dekat lokasi server dengan pemilik website, maka performa server pun semakin baik. Selain lokasi server, pemilik website sebaiknya juga memperhatikan teknologi server, kecepatan prosesor, kapasitas RAM dan hardisk serta network speed.

4. Customer Service Yang Siap Membantu 24 Jam
Ketika akan memilih sebuah hosting, pemilik website harus memastikan bahwa penyedia hosting tersebut memiliki layanan pendukung seperti customer service yang bisa diandalkan. Hal ini dikarenakan terkadang pemilik menemui masalah dalam mengatur hosting. Adanya layanan customer service tentu akan sangat membantu pemilik website menyelesaikan masalahnya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa selain ramah, customer service dari penyedia hosting juga harus bisa memecahkan masalah yang dimiliki pemilik web seputar hosting. Selain itu, perhatikan juga media yang bisa digunakan untuk menghubungi customer service. Penyedia hosting yang baik biasanya akan menyediakan beberapa media seperti live chat, email, maupun panggilan telepon.

Dalam pembuatan maupun pengoperasian sebuah website, keberadaan hosting sangat dibutuhkan untuk mempermudah berjalannya website. Bisa dikatakan bahwa kualitas website dipengaruhi oleh jenis hosting dan penyedia hosting yang digunakan.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk mengetahui dan memahami cara memilih hosting yang tepat. Dengan begitu, website dapat berjalan dengan maksimal.

Kapasitas Minimum cPanel

WHM cPanel 11.32.2.
Control panel cPanel ini memiliki batasan minimum memori yaitu 512 MB, berikut kebutuhan minimum selengkapnya yang harus anda ketahui:
Kebutuhan Minimum:
- Processor Pentium atau AMD dengan 266 Mhz
- Memory 512 MB RAM ( Minimal 1 GB jika dengan banyak akun didalamnya)
- Disk Space 10 GB space ( akan membutuhkan lebih jika banyak akun didalamnya)

cPanel Mendukung
cPanel juga kompatibel dengan perangkat lunak:
Mendukung Virtual Environments
- KVM
- Linux-VServer
- Microsoft Server® 2008 Hyper-V
- OpenVZ (stable releases only)
- Oracle VM VirtualBox, VirtualBox OSE
- Virtuozzo™
- VMware® Server, VMware® ESX Server
- Xen, XenEnterprise™, XenExpress™, XenServer™
Mendukung Operating Systems (i386 and x86-64 only)
- CentOS versions 4.x, 5.x, 6.x
- Red Hat® Enterprise Linux® versions 4.x, 5.x, 6.x
- FreeBSD®-RELEASE versions 7.3, 7.4, 8.0, 8.1, 8.2
- CloudLinux 5.x, 6.x

Persiapan Installasi cPanel
Untuk menginstal software cPanel & WHM Anda harus membutuhkan persiapan dan tahap-tahap yang harus di sediakan selain hardware diatas, beberapa kebutuhan antara lain seperti dibawah ini:
- Akses ke server Anda. Jika Anda tidak memiliki akses secara fisik, Anda dapat menghubungkan ke server Anda dari jarak jauh melalui SSH.
- Periksa konfigurasi sistem operasi Anda.
- Mendapatkan lisensi cPanel.
- Jalankan perintah instalasi.


Pada panduan ini akan menjelaskan cara installasi cPanel & WHM menggunakan Operating Systems Centos 5.8, karena cPanel sangat mendukung OS Centos dengan paket-paket yang tersedia dari Operating Systems Centos dan standarisasi pengguna cPanel juga menggunakan Operating Systems Centos.


Penghapusan Grup yang Tidak Diperlukan di cPanel
Sebelum melakukan installasi cPanel & WHM pastikan grup dibawah ini tidak terinstall di server anda:
- FTP Server
- GNOME Desktop Environment
- KDE (K Desktop Environment)
- Mail Server
- Mono
- Web Server
- X Window System

Untuk melihat grup pada server anda yang saya maksud di atas, anda menjalankan menjalankan perintah:


root@angga [~]# yum grouplist

Untuk menghapus grup yang harus tidak terinstall diatas, anda dapat menjalankan perintah:


root@angga [~]# yum groupremove "nama-grupnya"

Sebagai contoh anda ingin menghapus semua grub yang tidak di anjurkan terinstall diserver anda sebelum menginstall cPanel & WHM, perintahnya:


root@angga [~]# yum groupremove "FTP Server" "GNOME Desktop Environment" "KDE (K Desktop Environment)" "Mail Server" "Mono" "Web Server" "X Window System"

Mematikan SELinux Security
Selanjutnya, sebelum install cPanel & WHM jika menggunakan Operating Systems CentOS, sebaiknya anda men disable SELinux Security terlebih dahulu.
Anda dapatkan menggunakan editor nano atau vi pada file config selinux, perintahnya:


root@angga [~]# nano /etc/selinux/config

ubah seperti berikut ini:


# This file controls the state of SELinux on the system.
# SELINUX= can take one of these three values:
# enforcing - SELinux security policy is enforced.
# permissive - SELinux prints warnings instead of enforcing.
# disabled - No SELinux policy is loaded.
SELINUX=disabled
# SELINUXTYPE= can take one of these two values:
# targeted - Only targeted network daemons are protected.
# strict - Full SELinux protection.
SELINUXTYPE=targeted

Untuk menyimpan configrasi file, anda dapat menekan tombol keyboard '''ctrl+x''' kemudian menekan tombol '''y''' untuk melakukan penyimpanan dan tekan '''enter'''.

Mematikan Firewall
Kemudian, Anda juga harus menonaktifkan firewall default dan memeriksa pembaruan pada server.
Untuk menonaktifkan firewall, jalankan perintah:


root@angga [~]# chkconfig iptables off
root@angga [~]# service iptables stop


Update Centos
Untuk memeriksa pembaruan pada server Anda dapat menjalankan perintah:


root@angga [~]# yum update


Proses Installasi CPanel
Berikutnya kita akan melakukan tahap installasi cPanel & WHM.
Anda dapat menggunakan lisensi cPanel & WHM tes tanpa biaya selama 15 hari, jika anda menginginkan perpanjangan lisensi anda dapat melakukan pemesanan langsung dari toko online resmi cPanel atau melalui toko online Reseller cPanel
Untuk menginstal cPanel & WHM, jalankan perintah berikut:


root@angga [~]# cd /home
root@angga [/home]# wget -N http://httpupdate.cpanel.net/latest
root@angga [/home]# sh latest

Proses installasi akan berjalan lama tergantung kecepatan tranfer bandwitch server anda, semakin besar tranfer bandiwitch yang anda miliki semakin cepat proses instalasi selesai.

Aktifasi Lisensi cPanel
Setelah installasi selesai dan jika anda sudah membeli license cPanel & WHM, untuk mengaktifkan atau reissue license, anda dapat menjalankan perintah:

root@angga [/home]# /usr/local/cpanel/cpkeyclt

Catatan: Selama proses instalasi cPanel & WHM, Apache dan PHP yang terinstal secara default, anda dapat menyesuaikan server anda konfigurasi Apache dan PHP dengan fitur WHM EasyApache.

Cara Akses WHM cPanel
Sampai tahap ini proses installasi anda melalui terminal/ssh selesai, selanjutnya anda dapat melakukan pengaturan WHM cPanel anda.
Untuk mengakses WHM cPanel anda dapat melakukan petunjuk seperti dibawah ini:
- Masukkan https://$IP:2087 di browser web anda. -- $IP merupakan alamat IP server anda.
- Masukkan root dalam kolom Username.
- Masukkan password root Anda di kolom Password.
- Klik Log In.





A. Pengertian

EHCP adalah sebuah hosting panel, Hosting panel sendiri merupakan antarmuka berbasis web yang disediakan oleh perusahaan hosting yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola berbagai layanan mereka host di satu tempat.

B. Latar Belakang

Fitu yang terdapat pada EHCP :

§      Unlimited Resellers, Panel Users, Domains, FTP Users, Email Accounts and mySQL databases

§      Apache

§      BIND

§      PHP

§      Vsftpd

§      Domain and subdomain management

§      Email with IMAP, SMTP and POP3 with support for email forwarding, autoresponder, and catch-all

§      SquirrelMail integration

§      FTP server management with web-FTP (net2ftp) interface

§      Web stats (webalizer)

§      MySQL web administration

§      SSL support

Sebenarnya masih banyak tetapi yang saya sebutkan diatas adalah fitur yang secara umum ada didalam EHCP.

C. Maksud dan Tujuan


- Belajar membuat panel hosting
- Lebih mudah dalam kita konfigurasi Server kita yang berbasis web 

Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita download EHCP dengan mengetikkan perintah berikut :
wget -O ehcp.tgzwww.ehcp.net/ehcp_latest.tgz


2. Kemudian kita extract dengan perintah :
tar -zxvf ehcp.tgz
kemudian masuk kedalam file directorynya dengan perintah :
cd ehcp
3. Kemudian install ehcpnya dengan perintah :
./install.sh
maka akan tampil seperti gabar dibawah

4. Dan ikuti langkah setiap perintahnya, terdapat 3 langkah.
5. Setelah selesai coba buka di web browser dengan mengetikkan ip address server, pasti akan muncul laman pemberitahuan berhasil.

6. Kemudian kita klik pada tulisan :
"click here for the control panel on your server!"
7. Pastikan kita akan dibawa ke halaman login, kita login dengan
username : admin
password : sesuai yang kita buat saat installasi ehcp

8. Maka tampilan awalan dashboard EHCP

9. Kita bisa membuat cms, membuat e-mail, membuat Hosting sesuai dengan keinginan kita.

PENGERTIAN

EHCP adalah Salah satu panel hosting gratis. EHCP atau lebih dikenal dengan Easy Hosting Control Panel merupakan web hosting control panel yang dibuat untuk sistem operasi Linux dan keturunan Debian. Bisa dikatakan EHCP adalah sebuah hosting panel, Hosting panel sendiri merupakan antarmuka berbasis web yang disediakan oleh perusahaan hosting yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola berbagai layanan mereka host di satu tempat.

Karena perkembangan jaman dan banyaknya perusahan yang ada, untuk itulah banyak perusahan yang membutuhkan Hosting ini untuk mengelola berbagai layanan mereka.

MAKSUD & TUJUAN

- sebagai penyedia layanan hosting
- banyak fitur yang tersedia didalamnya

ALAT & BAHAN

- Aplikasi ehcp
- server
- koneksi internet
- laptop client

JANGKA WAKTU

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk konfigurasi ini kurang lebih 30 menit, tergantung pada kecepatan koneksi internet yang ada.

LANGKAH KERJA

1. Pertama-tama siapkan aplikasi ehcp pada server kalian, kemudian copy pada direktori html. dengan cara # cp ehcp_latest.tgz /var/www/htmlt

2. kemudian kita masuk ke direktori html,# cd /var/www/html

3. setelah masuk kedirektori html, lalu kita ekstrak aplikasi ehcp, karena aplikasi ekstension menggunakan tgz, kita ektrak dengan cara #tar -xzf ehcp_latest.tgz

4. setelah diekstrak, lalu kita jalankan aplikasinya dengan cara # ./install.sh

5. Nah kemudian akan muncul tampilan untuk konfigurasi ehcp, diharapkan dibaca terlebih dahulu sebelum melakukan konfigurasi. lalu enter untuk melanjutkan.

6. kemudian kita dihadapkan dengan perintah untuk menginstall lamp, kita enter saja untuk melanjutkan. kemudian tunggu proses instalasinya sampai selesai.




7. setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini, disini kalian disuruh untuk berhati-hati saat instalasi, harap untuk dibaca terlebih dahulu. setelah mengerti lalu kita enter.

8. kemudian kita disuruh untuk memasukan password root msyql dan membuat password untuk ehcpnya.

9. Selanjutnya akan muncul tampilan informasi bahwa setting mysql complated, kemudian dibawah itu terdapat perintah untuk menampilkan hostname, kita enter.

10. Nah ini adalah tampilan hostname dan ip addres yang digunakan pada ehcp, untuk melanjutkan kita enter.

11. kemudian kita disuruh untuk memilih bahasa yang ingin digunakan, kita isi English saja.

12. Selanjutnya kita dihadapkan pilihan yaitu ingin menginstall semua fitur yang ada di ehcp atau tidak, disini saya tidak ingin menginstall semua fitur didalamnya, jadi saya pilih "n"
13. Nah proses instalasi ehcp selesai, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
14. Jika kita ingin masuk ke ehcp melalui browser, tinggal kita masukan ip/ehcp kemudian kita disuruh untuk login terlebih dahulu. nah pada tampilan login ini terdapat peringatan, jika kalian klik maka disitu terdapat peringatan bahwa ip yang digunakan merupakan ip private bukan ip publik, tapi ini tidak masalah jika ini hanya untuk uji coba saja.
15. Nah ini adalah tampilan yang ada didalam ehcp, kalian bisa memanfaatkan fitur ini, dan selamat mencoba.





Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar