Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

1 Oktober 2020

Mengkonfigurasi FTP Server

A. Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi FTP Server

3.4.1 Menjelaskan konsep FTP Server
3.4.2 Menentukan cara konfigurasi FTP Server
4.4.1 Melakukan konfigurasi FTP Server
4.4.2 Menguji hasil konfigurasi FTP Server
4.4.3 Membuat laporan konfigurasi FTP Server

B. Tujuan Pembelajaran

Kegiatan belajar2 ini, diharapkan siswa dapat :

Memilih dan memahami pengertian dan fungsi secure FTP.
Menginstalasi secure FTP server pada debian 8.0
Mengkonfigurasi secure FTP server
Menguji dan mengaplikasikan secure FTP server

C. Indikator

Memilih dan memahami pengertian dan fungsi secure FTP server
Menginstalasi secure FTP server pada debian 8.0
Mengkonfigurasi secure secure FTP server
Menguji dan mengaplikasikan secure FTP server

D. Uraian Materi Kegiatan Pembelajaran

1. Sejarah FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet.

Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain.

File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik.

Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet, FTP client sudah tersedia dalam setiap sistem operasi yang mendukung jaringan, dan ada beberapa unsur dalam managemen situs yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan FTP client.

2. Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protokol, merupakan salah satu protokol internet yang berjalan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.

3. Pengertian FTP Menurut KBBI

FTP adalah File Transfer Protocol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti the Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasi sendiri menggunakan teks yang jelas untuk sign-in protokol tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk mengijinkankan hal tersebut. (Pengertian FTP Menurut wikipedie bahasa Inggris, diterjemahkan)

FTP adalah: Singkatan dari File Transfer Protocol, protokol untuk pertukaran file melalui Internet. FTP bekerja dengan cara yang sama seperti HTTP untuk mentransfer halaman web dari server ke pengguna browser dan seperti pada teknologi SMTP untuk mentransfer surat elektronik ke Internet, FTP ini menggunakan TCP / IP protokol Internet untuk memungkinkan transfer data.

4. Fungsi FTP

Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan, secara detail FTP server dapat dijabarkan sebagai berikut :

a. Untuk men-sharing data.
b. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
c. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
d. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.


5. Kelebihan dan Kekurangan FTP

Keunggulan dari FTP

FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data.
FTP dapat mentransfer data
Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.
Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program auditdan penanganan acount.

Kekurangan dari FTP

FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file
karena file dikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks.

Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.

Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.

FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

6. Cara Kerja FTP

Port standard FTP adalah 21 (pada server).

Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).

FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)

FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.

Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

7. Jenis – Jenis FTP

FTP server, berupa sebuah komputer server yang memberikan fasilitas FTP dengan tujuan untuk menerima koneksi (hubungan) dari luar. Biasanya komputer dengan fasilitas sebagai FTP server juga berfungsi sebagai web server.

Ada dua jenis server komputer yang dapat dihubungi dengan fasilitas FTP, yaitu :

a. Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server.

Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet. File-file dalam server ini dapat di-download secara gratis. Untuk menggunakan Anonymous FTP ini pennguna memasukkan login dengan username Anonymous dan password yang dipakai berupa alamat e-mail atau dapat pula menggunakan username guest tanpa password, hal ini tergantung dari server FTP yang dituju.

Private FTP Server

Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh user tertentu yang terdaftar secara resmi.

Server ini biasanya berisi data dan informasi pribadi yang khusus digunakan untuk pemakai tertentu atau perusahaan tertentu.

Pemakai khusus ini biasanya mempunyai username dan password untuk dapat terhubung dengan server jenis ini.

Sebuah server yang memberikan fasilitas FTP dapat dengan mudah dikenali, biasanya sebuah server FTP akan memiliki alamat situs dengan subdomain FTP, misalnya domain microfosft.com memberikan fasilitas FTP pada subdomain ftp.microsoft

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.

Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal ResourceIdentifier(URI)dengan menggunakan formatftp://namaserver.

Klien FTP dapatmenghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.



Proses Kerja Aplikasi FTP


FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol(TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.

Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk 
(1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, 
(2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga 
(3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut.

Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.

Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki.

Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.



8. Instalasi

Pada debian 8.0 Jeesi paket service yang dipergunakan membuat FTP server ada 2 yaitu vsftpd dan proftp, namun dalam hal ini yang digunakan adalah service vsftpd. Untuk installasi vsftd, gunakan perintah berikut:

#apt-get install vsftpd

FTP atau File Transfer Protokol, merupakan salah satu protokol internet yang berjalan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.

FTP bekerja pada server side dan client side.

Ada dua jenis server komputer yang dapat dihubungi dengan fasilitas FTP, yaitu :

Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server.
Private FTP Server

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol(TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCPnomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien

Download di sini Artikel Cara Konfigurasi FTP  

E. PENILAIAN / Tugas Mandiri

  • Bagaimana cara kerja FTP?
  • Jelaskan fungsi FTP server.?
  • Sebutkan port TCP yang digunakan pada FTP server ?
  • Sebutkan nama paket installasi FTP server yang disediakan pada debain 8.0 ?.

Umpan Balik Dan Tindak Lanjut

Setelah selesai melakukan semua kegiatan belajar pada modul ini, periksalah dan cocokkan jawaban yang telah Anda kerjakan dari lembar Latihan / Kasus / Tugas dengan Kunci Jawaban yang tersedia.Hitunglah jumlah skor jawaban Anda yang benar.

Gunakan rumus sebagai berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap kegiatan pembelajaran yang telah selesai dipelajari.


Tingkat penguasaan = jumlah jawaban yang benar× 100%

Jumlah soal

Skala penilaian :

90 – 100 % = Baik sekali ( di atas nilai minimal, tanpa bimbingan )
70 – 89 % = Baik ( memenuhi syarat / kriteria minimal )
< 70 % = Kurang ( remedial )


Bila Anda mencapai atau memperoleh tingkat penguasaan ≥ 80 %, maka Anda dapat melanjutkan dengan kegiatan pembelajaran berikutnya / Anda telah kompeten dalam menggunakan mesin tersebut.

Apabila tingkat penguasaan Anda masih kurang dari 70 %, silakan mempelajari kembali materinya terutama pada bagian yang belum dikuasai.


J. Kunci Jawaban

Cara kerja FTP server adalah :

  1. Port standard FTP adalah 21 (pada server).
  2. Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
  3. FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
  4. FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.
  5. Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.
Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan, secara detail FTP server dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Untuk men-sharing data.
  2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

Port standard FTP adalah 21 (pada server).

service vsftpd adalah service standart pada debian 8.0.




Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar