Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

2 Oktober 2020

Mengkonfigurasi Remote Server

A. Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Remote Server

  • 3.2.1 Menjelaskan konsep Remote Server
  • 3.2.2 Menentukan cara konfigurasi Remote Server
  • 4.2.1 Melakukan konfigurasi Remote Server
  • 4.2.2 Menguji hasil konfigurasi Remote Server
  • 4.2.3 Membuat laporan konfigurasi Remote Server

B. Tujuan Pembelajaran  

    Setelah kegiatan belajar ini siswa diharapkan :
  •  Siswa dapat menjelaskan konsep Remote Server
  •  Siswa dapat menentukan cara konfigurasi Remote Server
  •  Siswa dapat mengkonfigurasi Remote Server
  •  Siswa dapat menguji hasil konfigurasi Remote Server
  •  Siswa dapat membuat laporan konfigurasi Remote Server

C. Materi dan Kegiatan Pembelajaran


Keuntungan adanya  jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. 

Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut. SSH berjalan pada port default yaitu port 22.



Pengertian Remote Access


SSH (Secure Shell Hosting) adalah protokol atau aplikasi yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan telnet, rsh dan rlogin.

SSH banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell. SSH pertama kali dikembangkan oleh openBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, temasuk Linux.

Dengan ssh semua percakapan antara server dan klien di enkripsi, artinya apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak akan memahami isinya.

SSH (Secure Socket Shell) (bukan SHSH) atau yang sering disebut Secure shell adalah protokol jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah komputer (remote) melalui jaringan secara aman. Dikarenakan SSH menggunakan jaringan yang dienkripsi, maka SSH ini banyak digunakan oleh seorang admin jaringan untuk mengontrol sebuah server web atau sebuah komputer dari jauh (remote).

Secure Shell atau SSH merupakan protokol network yang memungkinkan pengguna untuk membuka jendela akses pada komputer lokal dan terhubung ke komputer remote/server, sehingga pengontrol seperti berada di depan server target. Dengan demikian SSH menyediakan koneksi aman dari black hacker untuk transfer data antar 2 komputer

SSH merupakan paket program yang digunakan sebagai pengganti yang aman untuk rlogin, rsh dan rcp. Ia menggunakan public-key cryptography untuk mengenkripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk  autentikasi pemakai.

Ia dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar host, sementara mencegah "man-in-themiddle attacks" (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan

Secure Shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya. SSH dirancang untuk menggantikan protokol telnet dan FTP.

Adapun SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host. Beberapa implementasi SSH tergantung pada SSL libraris karena SSH dan SSL menggunakan banyak menggunakan algoritma enkripsi yang sama (misalnya TripleDES(Pengembangan dari DES oleh IBM). ), Algoritma enkripsi lain yang didukung oleh SSH di antaranya BlowFish (BRUCE SCHNEIER), IDEA (The International Data Encryption Algorithm), dan RSA (The Rivest-Shamir-Adelman).

Secure Shell dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MAC, BSD dan bahkan Anda dapat menggunakan protokol SSH di Iphone, BlackBerry, Android, IPad, Tabs, dll. Otentikasi proses SSH sangat kuat seperti penggunaan kriptografi publik key SSH untuk mengotentikasi komputer remote dan sebaliknya.SSH dapat digunakan untuk beberapa tujuan seperti Tunneling, port forwarding dan koneksi..

Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan. 

Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi komputer client, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi.

Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.

Arsitektur SSH

protokol SSH memiliki arsitektur internal pada lapisan terpisah dengan baik.Yaitu:

Lapisan transportasi (RFC 4253). Lapisan ini menangani pertukaran kunci awal dan server otentikasi dan set up enkripsi, kompresi dan integritas verifikasi.

Lapisan otentikasi pengguna (RFC 4252). Lapisan ini menangani otentikasi klien dan menyediakan sejumlah metode otentikasi.

Lapisan koneksi. Lapisan ini mendefinisikan konsep kanal, kanal permintaan dan permintaan global menggunakan layanan yang disediakan SSH. SSHFP DNS record (RFC 4255) menyediakan sidik jari kunci publik untuk membantu memverifikasi keaslian host.

Metode Enskripsi

SSH menggunakan metode public-key cryptography untuk mengenskripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Dengan metode ini, kita akan memerlukan 2 buah kunci berbeda yang digunakan baik untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dua buah kunci tersebut masing-masing disebut public key (dipublikasikan ke public/ orang lain) dan private key (dirahasiakan/ hanya pemiliknya yang tahu). Masing-masing kunci di atas dapat digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

SSH dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar ghost, sementara mencegah "man-in-the middle attacks" (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan secure shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya. SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host.



Ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:

1. Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses software di komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technical support perusahaan diruang kerjanya.
2. Mematikan komputer dari jarak jauh.
3. Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
4. Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
5. Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
6. Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
7. Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
8. Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
9. Sharing resource dari jarak jauh.

Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

1. Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

Implementasi SSH

Implementasi SSH terlihat dalam produk-produk berikut :
  • FreeSSH
  • OpenSSH (Unix, Windows)
  • LSH (unix)
  • PuTTY (Windows)
  • Okhapkin s port of SSH1(windows)
  • MacSSH (Macintosh)
  • TeraTerm (windows)
  • NitfyTelnet 1.1 SSH (Machintosh)
  • Commercial SSH
  • SSH communication Security (unix, windows)
  • F-Secure SSH (unix,Windows)
  • Secure CRT, SecureFX (windows)
  • Vshell (Windows)

Tutorial Cara Konfigurasi SSH Server ( Remote Access ) dengan Debian 8 Server
Installasi SSH(Download Disini)


PENILAIAN



Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar