Melayani Dengan Riang Gembira

dan DOA

Cari di Blog Ini

10 Desember 2020

Use Case Diagram

Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem informasi yang akan dibuat. Secara kasar, use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada didalam sebuah sistem informasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi itu.

Menurut Rosa dan M. Shalahuddin (2011: 130) mengungkapkan: “Use case merupakan pemodelan untuk melakukan (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan dibuat.”

Menurut M. Rosidi Zamroni, dkk (2013: 490) mengungkapkan bahwa:

“Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem yang menjelaskan keseluruhan kerja sistem secara garis besar dengan mempresentasikan interaksi antara aktor yang dibuat, serta memberikan gambaran fungsi-fungsi pada sistem tersebut.”

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Use Case adalah langkah-langkah atau urutan kegiatan yang dilakukan aktor dan sistem informasi yang akan dibuat. Berikut ini adalah tabel simbol atau lambang yang digunakan dalam membuat use case yaitu:



Reactions:

0 Komentar di Sini:

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar